Pelatihan Spesialisasi RFL (Restoring Family Links) Untuk wilayah Sulawesi Tengah

By PMI Prov. Kaltara 12 Feb 2019, 08:39:06 WIB PMI Provinsi Kalimantan Utara

Berita Terkait

Berita Populer

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi sosial kemanusiaan yang harus selalu siap untuk membantu meringankan beban sesama apapun sebabnya tanpa membedakan agama, bangsa, suku, golongan, warna kulit, jenis kelamin dan bahasa.  Untuk meningkatkan tanggung jawab PMI terhadap masyarakat, dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada orang-orang yang membutuhkan, terutama bagi pelayanan untuk korban bencana yang terpisah dengan anggota keluarganya, maka PMI berkeinginan untuk meningkatkan kapasitasnya agar dapat memberikan pelayanan RFL yang berkelanjutan, sebelum, pada saat dan sesudah bencana maupun konflik.

Selama tahun 2108, Indonesia mengalami banyak kejadian yang membutuhkan bantuan kemanusiaan. PMI sebagai salah satu pelaku kemanusiaan yang memberikan dukungan kepada masyarakat terdampak. Berdasarkan hasil kaji cepat, dalam bencana Gempa di wilayah Lombok dan sekitarnya, juga bencana tsunami dan likuifaksi di Palu dan sekitarnya, maka layanan RFL merupakan salah satu layanan yang dibutuhkan di mana terdapat kondisi masyarakat terpisah dari anggota keluarganya. Bentuk layanan RFL yang diberikan dalam operasi ini mulai dari bersifat tradisional, berupa telefon gratis, sampai dengan penggunaan teknologi website yang didukung langsung dari ICRC Jenewa.

Berdasarkan operasi layanan tersebut, maka dirasa bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan Pelatihan Spesialisasi RFL diperuntukkan bagi wilayah Sulawesi Tengah dengan beberapa tambahan dari wilayah Lombok, Banten, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara dan Jawa Barat, sebagai wilayah-wilayah yang berkontribusi dalam layanan RFL selama operasi kemanusiaan.

Sebagai salah satu bentuk komitmen dari PMI Provinsi Kalimantan Utara dalam mendukung  layanan PMI baik masa damai, bencana dan konflik  dan berdasarkan surat  PMI Pusat perihal permintaan Pelatih dan Narasumber,  maka  PMI Provinsi Kalimantan Utara mengutus Staf  yang terdiri dari Amrin,SE / Kepala Markas PMI Provinsi Kalimantan Utara dan Aswandi, S.Pd / Staf PMI Kabupaten Bulungan dalam medukung Pelatihan Restoring Family Links (RFL) / Pemulihan Hubungan Keluarga untuk wilayah PMI Provinsi Sulteng, Banten dan NusaTenggara Barat yang dilaksanakan dari Tanggal 11 s.d 16 Februari 2019 bertempat di Kota Palu Sulawesi Tengah.

Pelatihan Restoring Family Links (RFL ) bertujuan Meningkatnya kualitas layanan RFL PMI di masa mendatang yang maksimal dan sesuai dengan standard Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional , Adanya kesepemahaman visi-misi dan metode dalam melaksanakan kegiatan pelayanan RFL. Dengan harapan Tersedianya personel PMI dengan kompetensi layanan RFL yang mampu melakukan layanan RFL sesuai dengan standard Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang sudah tertuang dalam Panduan RFL dan tersedianya personel PMI dengan kompetensi layanan RFL yang siap dimobilisasi, secara khusus di wilayahnya, dan secara umum untuk mendukung wilayah lain.

Pada saat acara pembukaan Pelatihan Restoring Family Links (RFL ) dibuka langsung oleh Ketua PMI Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Drs.H.Hidayat Lamakarae, M.Si dan dalam sambutannya beliau mengharapkan kepada seluruh pesera agar dapat mengikuti Pelatihan dengan disiplin sehingga bisa meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Ketrampilan dalam layanan Restoring Family Links (RFL ) serta mampu meneruskan informasi ke seluruh jajaran  PMI Kabupaten/Kota di wilayah kerja masing-masing.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Anda Setuju PMI Provinsi Kaltara Memiliki Website?
  Sangat Setuju
  Setuju
  Kurang Setuju
  Tidak Setuju

Video Terbaru

View All Video